Rabu, 03 Februari 2016

Contoh Usaha Rumah Kost


Makalah
Kewirausahaan
Rumah Kost Ariawan









Di Susun Oleh :
Rivan Ariawan
201311061



Akademi Manajemen Informatika Dan Komputer (AMIK) IMELDA MEDAN
T.A : 2015-2016



Kata Pengantar
Puji dan syukur penulis Makalah panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan pengetahuan dan hikmatnya buat penulisan sehingga dapat menyelesaikan “ Makalah Kewirausahaan/Tecno Enterpreneuship”.
            Makalah ini disusun untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepada saya dengan harapan agar para pembaca dapat memanfaatkan dengan baik sehingga menambah wawasan pembaca dalam memulai sebuah usaha.
            Makalah ini dirancang sedemikian rupa sehingga para pembaca dapat mengerti dengan mudah dan memahai tentang berwirausaha. Harapan penulis agar pembaca dapat mempelajari isi dari makalah ini.
            Tiada gading yang tidak retak. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna baik dari penulisan dan isi. Oleh karena itu penulisan mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca agar makalah ini dapat lebih baik di masa yang akan datang.
            Akhir kata penulis, selamat membaca dan memahami Makalah tentang kewirausahaan.



                                                                                    Medan, 03 Okrober 2015


                                                                                    Rivan Ariawan









Daftar isi
Caver
Kata Pengantar................................................................................................. i
Daftar isi........................................................................................................... ii
Visi dan Misi..................................................................................................... iii
BAB I
PENDAHULUAN.......................................................................................... 1
1.1.   MENGAPA MENGGAMBIL USAHA RUMAH KOST...................... 1
1.2.   Latar Belakang.......................................................................................... 1
1.3.   Tujuan........................................................................................................ 2
1.4. Manfaat Bagi Pelajar dan Masyarakat....................................................... 2
1.5. Potensi Bisnis............................................................................................. 2
BAB II
ANALISIS SWOT.......................................................................................... 3
2.1. Strengh (Kekuatan).................................................................................... 3
2.2. Weakness (kelemahan)............................................................................... 3
2.3.  Opportunities (Peluang)............................................................................. 3
2.4.  threats (Ancaman)...................................................................................... 3
2.5. Faktor- faktor analisis pasar....................................................................... 3
1. Faktor permintaan................................................................................. 4
2. Keadaaan potensi pasar......................................................................... 4
3. Prospek pasar......................................................................................... 4











VISI Usaha Rumah Kost
Menjadikan rumah kost terpaporit dan  yang unggul dalam pemasaran yang menghasilkan pendapatan yang sesuai dan memiliki fasilitas yang nyaman dan aman di sekitar Universitas kota Medan.
MISI Usaha Rumah Kost
Ø  Menyelenggarakan setiap anak kost agar bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta cinta tanah air dan bangsa.
Ø  Menyelenggarakan dan memberikan fasilitas yang baik dan  nyaman digunakan dalam usaha rumah kost yang berkualitas dan efisien kepada setiap anak kost yang berada di rumah kost ini.
Ø  Memberikan permintaan setiap anak kost dalam memilih warna dinding kamar yang diinginkan, memberikan 1(satu) lemari, 1(satu) meja belajar dan 1(satu) tempat tidur.
Ø  Melaksanakan kegiatan pengamanan dan keamanan kepada anak kost agar tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi dan tidak mengganggu kehidupan masyarakat sekitar kost-kostan tersebut.




















BAB I
PENDAHULUAN
Nama Pengusaha      : Rivan Ariawan
Nama Usaha              : Rumah Kost Ariawan
Alamat Usaha            : Lingkungan Kampus Di Kota Medan

1.1. Latar Belakang
Karena Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu sejalan dengan laju pertambahan penduduk dan kenaikan pendapatan masyarakat, maka dengan Investasi Rumah kos memiliki prospek bisnis yang cerah. Dan juga investasi ini memiliki berbagai kelebihan yang menarik serta dari modal yang cukup terjangkau serta keuntungan yang menggiurkan. Awal saya tertarik ingin membuka usaha rumah kost saat saya berkenalan dengan seseorang yang tinggal di kost-kostan sekita lingkungan Universitas Muhammaddia Sumatra Utara (UMSU) yang tinggal bersama teman-temannya lalu saya bertanya. Apa pekerjaan pemilik rumah dan kost selain tempat kost yang dia sewakan? Teman saya menjawab tidak ada kerjaannya. Kemudia saya tanya lagi berapa biaya kost perbulan dan ada berapa kamar yang ada dirumah kost ini? Teman saya menjawab kami perbulannya Rp350.000,- kemudian ada 19 kamar setiap kamar boleh ditempati 2 orang dengan biaya yang berbeda jika 1 kamar 1 orang Rp350.000,- jika 1 kamar 2 orang Rp600.000,- lalu kemudia dari situlah saya termotivasi ingin membuka usaha rumah kost karena saya yakin usaha rumah kost sangat menjanjikan bagi yang memilikinya. Apalagi ditempat-tempat strategis seperti di kota-kota yang notabennya sebagai kota pelajar.
Kota pelajar  yang mempunyai letak yang strategis mempunyai perkembangan dan pertumbuhan yang cukup tinggi. Salah satu aspek yang mendorong pertumbuhan ekonomi disektor yang lain tersebut adalah dengan banyaknya pelajar, mahasiswa, yang datang dari luar daerah . Berbagai fenomena diatas menyebabkan para pelaku bisnis ekonomi mencoba untuk memberikan fasilitas tempat tinggal yang menunjang aktivitas masyarakat di Lingkungan yang aman dan nyaman. Salah satunya adalah tersedianya tempat tinggal bagi orang-orang yang melakukan aktivitas. Hal ini menjadi latar belakang bagi pengusaha untuk menyediakan tempat serta fasilitas pendukungnya berupa pembangunan atau renovasi rumah menjadi rumah kost karna semakin banya pelajar yang datang dari luar daerah

1.1.Tujuan

1.      Analisis tujuan pasar bertujuan untuk menilai apakah usaha kost ini akan mampu memberikan keuntungan baik bagi pemiliknya maupun lingkungan sekitar. 
2.      Untuk memperoleh gambaran bagaimana cara memanfaatkan kota pelajar sebagai sarana berbisnis.
3.      Untuk mengetahui prospek dari bisnis rumah kost.
4.      Untuk memperoleh penghasilan yang dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan  hidup.
5.      Untuk belajar memahami apa yang saya dapatkan dari perkuliahan   tentang bisnis.
6.      Untuk membantu mahasiswa yang datang dari daerah kampong halaman saya dan daerah-daerah yang lain.

1.4. Manfaat Bagi Pelajar dan Masyarakat

1.      Agar lebih dekat dan lebih cepat bisa ke kampus atau ke sekolah.
2.      Mempermudah para pelajar yang datang dari luar daerah mencari tempat tinggal.
3.      Membuat suasana lingkungan sekitar, semangkin ramai
4.      Menjadikan pola pikir masyarakat ingin membuka bisnis juga seperti membuka warung di sekitar rumah kost.

1.5. Potensi Bisnis
Bisnis rumah kos atau kontrakan sangat cocok untuk orang yang akan menjalani masa pensiun. Jadi, setelah balik modal, bisa menikmati pasif pada hari tua. Berbisnis rumah kost bisa jadi pilihan yang masuk akal bagi Anda yang akan memasuki masa pensiun. Namun, jangan berharap Anda bisa mendapatkan keuntungan kilat bila terjun di bisnis rumah kost tersebut. Pasalnya, investasi awalnya tergolong besar. Balik modalnya juga lama, yakni sekitar 6 hingga 7 tahun.



BAB II
ANALISIS SWOT
2.1. Strengh (Kekuatan)
1.      Lokasi rumah kost sangat strategis karena dekat dengan Universitas
2.      Fasilitas rumah kost yang menarik dan lengkap
3.      Akses jalan yang baik, lancar dan bebas dari macet
4.      Air menggunakan air PDAM dan sumur
5.      Harga relatif terjangkau
2.2. Weakness (kelemahan)
1.      Mahalnya harga tanah karena lokasi cukup strategis
2.      Bayaknya pesaing rumah kost di kota Medan
2.3.  Opportunities (Peluang)
1.    Menjamurnya tempat kos namun tidak memiliki faslitas penunjang kepuasan konsumen.
2.    Kurangnya tempat kos yang menyediakan fasilitas-fasilitas yang bagus namun memiliki harga yang terjangkau.
3.      Tempat yang stretegis untuk membuka usah rumah kos karena masih dalam area kampus
2.4.  threats (Ancaman)
1.    Banyaknya rumah kos yang harganya lebih murah meski fasilitasnya kurang lengkap.
2.    Banyak  rumah kos yang memiliki akses menuju kampus  yang lebih dekat.
3.      Para pengguna sering menyalahgunakan rumah kost tersebut, misalnya sebagai tempat prostitusi terselubung, penjualan narkoba, atau persembunyian teroris.
4.     Perawatan fasilitas kost kurang diperhatikan oleh para penghuninya.

2.5. Faktor- faktor analisis pasar

1.      Faktor permintaan
Perkembangan usaha rumah kost sejak dahulu memang cukup meyakinkan, diantaranya disebabkan oleh:
·       Rumah kost yang akan saya buat lokasinya sangat strategis ( dekat dengan kampus )
·        Lingkungan yang asri atau aman
·      Bersih dan nyaman
2. Keadaaan potensi pasar
Menurut hasil pengamatan, rumah kost yang banyak diminati adalah rumah kelas menengah ke bawah. Hal ini dikarenakan harga sewa yang terjangkau oleh mahasiswa, jadi rumah kost kelas menengah kebawah akan lebih cepat terisi penuh/laku dibandingkan rumah kost menengah ke atas.
1.      Meningkatkan kualitas bangunan serta pelayanan. Bangunannya dicat hijau daun dan dipadukan dengan cat lain yang bernuansa natural dan tentu terdapat berbagai tumbuhan, kemudian menyediakan fasilitas yang lebih nyaman, dan keamanan yang lebih aman, yang terpenting adalah dengan pendekatan secara psikologis sehingga para penghuni betah.
2.      Menyediakan fasilitas selengkap mungkin seperti bed tempat tidur, lemari, meja belajar.
3.   Memberikan permintaan bagi penghini untuk memilih warna cat kamar yang ingin di tempati.
4.      Menentukan harga kamar yang bersaing
5.      Menggunakan media brosur dan internet untuk mempromosikan tempat kost tersebut
Dari data diatas maka pembangunan kost ini akan mendapat persaingan dari beberapa rumah kost yang sudah beroperasi lebih dahulu yang menawarkan harga yang sama ataupun lebih murah

3. Prospek pasar
Keuntunga investasi rumah kost selain permintaan pasar cukup tinggi, menghasilkan pendapatan tambahan rutin juga mempunyai nilai tambah jangka panjang, maka masyarakat khususnya mahasiswa masih banyak membutuhkan rumah kost, kondisi pasar inilah yang dibidik dalam pembangunan rumah kost ini. Selain motivasi investasi diharapkan banyak calon penyewa yang berniat untuk menghuni rumah kost yang baru akan dibangun.



4 komentar:

  1. Halo semua, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warganegara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan medium ini untuk memberi nasihat konkrit kepada semua warganegara Indonesia yang mencari pinjaman dalam talian untuk berhati-hati kerana internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya sangat memerlukan pinjaman , kerana kewangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya terdesak untuk mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sehingga seorang kawan saya bernama EWITA YUDA memberitahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat boleh dipercayai bernama Puan ESTHER PATRICK Cawangan Pengurus Pinjaman Akses, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman sebanyak Rp600,000,000 dalam masa kurang dari 12 jam pada kadar faedah 2% dan yang mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya dalam akaun bank saya selepas Madam. LADY ESTHER telah meminjamkan pinjaman kepada saya, apabila saya menyemak baki akaun bank saya dan mendapati bahawa jumlah yang saya terima itu telah dikreditkan ke akaun bank saya. dan saya mempunyai bukti dengan saya, kerana saya masih terkejut, e-melnya (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk kerja yang baik LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberitahu dan berkongsi kesaksian saya tentang LADY ESTHER, jadi orang dari negara saya dan bandar saya boleh mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan. Jadi, jika anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui e-mel: (estherpatrick83@gmail.com) sila hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahawa saya melakukan ini tetapi saya sangat gembira sekarang dan saya membuat keputusan untuk memberitahu orang ramai tentangnya, Dia menawarkan semua jenis pinjaman kepada individu dan syarikat dan juga saya mahu Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga boleh menghubungi saya di e-mel saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya seorang pemilik perniagaan wanita yang baik dan hebat di kota saya, Semoga Tuhan Yang Maha Esa terus memberkati LADY ESTHER untuk kerja yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong beritahu saya untuk maklumat lanjut tentang Ibu dan saya akan memberi arahan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui e-mel: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  2. Halo semuanya, Nama saya Sasha Ahmad, seorang warga negara Malaysia; Saya berusia 38 tahun .. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan Anda semua tentang kebaikan tuan karena akhirnya membimbing saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar dan tulus bernama Bryan M Corsini, direktur pelaksana MODAL SUMBER KEUANGAN setelah ditipu oleh pemberi pinjaman palsu lainnya, saya tidak punya harapan dan tidak tahu siapa yang harus dipercaya ketika dia datang dan memberikan senyum yang luar biasa di wajah saya karena kejutan terbesar saya. Siapa pun dari Anda yang juga menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi, saya telah membawakan Anda kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, cukup hubungi mereka sekarang melalui email: {capitalsourcefinancellny@gmail.com}} melalui Whatsapp +1 832-648-2931 untuk info lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan dan saran lebih lanjut tentang cara mengajukan pinjaman dari Mr. Bryan di sashaahmad247@gmail.com. Dan sekali lagi terima kasih kepada Bryan M Corsini karena memberi saya pinjaman sebesar $ 80.000.

    BalasHapus
  3. Nama saya adalah Okta Mira Anda dipersilakan untuk CREDIT UNION DAYA LESTARI tempat di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengubah defisit keuangan menjadi individu yang kaya dengan bantuan staf berkualifikasi tinggi melalui staf yang bertekad dan memiliki sumber daya keuangan yang baik tempat berselingkuh atau merampok Orang-orang dari uang mereka adalah tabu tempat di mana Anda dilengkapi secara finansial untuk mengatasi kekurangan keuangan saya telah mengulurnya itulah sebabnya saya datang ke sini untuk memberi tahu Anda bahwa tidak semua kreditur online adalah penipuan atau penipuan karena prioritas utama CREDIT UNION DAYA LESTARI adalah untuk menyediakan dana dalam mata uang apa pun untuk semua klien mereka sehingga mereka akan dapat memenuhi kebutuhan keuangan mereka setiap hari jadi jangan biarkan saya ditinggalkan Anda membutuhkan dana untuk:
    ✓ Tagihan Rumah Sakit
    ✓ Renovasi Rumah
    ✓ Pembesaran Bisnis
    ✓ Refinancing Ekstensi Pertanian
    ✓ Penambangan Emas
    ✓ Proyek pembiayaan dengan kebutuhan keuangan yang lebih tinggi
      Semua ini dan banyak lagi
    Gmail: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
             ➡ {WhatsApp Only :: {+ 33753893351}
            ➡  BBM INVITES: {D8980E0B} {4424A}

    BalasHapus
  4. Terima kasih sudah share infromasinya ya ka. Klo kk lg Cari Kost bisa kunjungi Roomme ya

    BalasHapus